Jumat, 06 November 2015

PROSES PERENCANAAN PROGRAM PENYULUHAN

BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Penyuluhan berasal dari kata suluh, berarti  sesuatu yang dinyalakan, seperti lilin, obor yang sifatnya menerangi. Pada hakekatnya menerangi adalah sebuah usaha untuk mengubah sesuatu yang gelap menjadi terang. Usaha mengubah gelap menjadi terang, ketika dianalogikan dengan penyuluhan adalah usaha merubah perilaku individu atau kelompok masyarakat dari ‘kegelapan’ pengetahuan, menjadi pemahaman bagaimana melakukan partisipasi aktif dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.
Usaha mengubah perilaku individu atau masyarakat luas dalam penyuluhan dilakukan dengan pola-pola komunikasi tertentu yang sifatnya mempengaruhi / influence, pola komunikasi demikian dikaterogikan dalam komunikasi persuasif. Komunikasi persuasif pada hakekatnya mempengaruhi sikap, pendapat dan perilaku orang lain melalui kegiatan komunikasi, baik secara verbal maupun non verbal. Menurut ahli komunikasi K.Anderson, komunikasi persuasif didefinisikan sebagai perilaku komunikasi yang mempunyai tujuan mengubah keyakinan, sikap atau perilaku.
Pada saat kita memberikan penyuluhan, kita tidak hanya harus dapat berkomunikasi dengan baik saja, tetapi kita juga harus mempunyai perencanaan program penyuluhan agar penyuluhan yang ingin kita sampaikan sesuai dengan kebutuhan khalayak. Salah satu faktor keberhasilan dalam memberikan penyuluhan adalah dengan adanya proses atau tahapan-tahapan perencanaan program penyuluhan yang sesuai dengan kebutuhan khalayak. Oleh karena itu, sebagai seorang penyuluh sangat dibutuhkan membuat tahapan-tahapan atau proses penyuluhan sebelum terjun langsung ke lapangan.
B.       Rumusan Masalah
1.         Apa pengertian proses perencanaan program penyuluhan ?
2.         Sebutkan proses perencanaan program penyuluhan ?
C.      Tujuan
1.         Mengetahui pengertian proses perencanaan program penyuluhan.
2.         Memahami proses perencanaan program penyuluhan.

BAB II
PEMBAHASAN

A.      Pengertian Proses Perencanaan Program Penyuluhan
Menurut Rejeki, konsep perencanaan program penyuluhan memiliki tiga komponen konsep, yaitu perencanaan, program dan penyuluhan. Masing–masing komponen tersebut di jabarkan pengertiannya agar memudahkan dalam memahami pengertian konsep perencanaan program penyuluhan.[1]
Perencanaan, menurut Darmojuwono merupakan suatu proses kegiatan persiapan sistematik untuk penyusunan kebijakan yang konsisten menuju tercapainya suatu tujuan tertentu. Proses tersebut ditempuh oleh perencanaan guna mendapatkan beberapa keuntungan, yaitu pertama, memperoleh gambaran arah dan pedoman. Kedua, memperoleh gambaran potensi, prospek perkembangan, hambatan-hambatan  serta resikonya. Ketiga, memperoleh kesempatan memilih alternatif terbaik dalam pencapaian tujuan. Kempat, memperoleh kemungkinan untuk menyusun skala prioritas. Kelima, memperoleh tolak ukur untuk melakukan evaluasi dan pengawasan.[2]
Menurut Boyle, Program adalah produk yang dihasilkan dari semua kegiatan pemograman oleh pendidik profesional dan pelajar yang terlibat, yang meliputi: analisis kebutuhan, perencanaan, intruksi, promosi, evaluasi dan pelaporan. Sedangkan perencanaan program adalah suatu proses pengambilan keputusan yang melalui analisis kritis situasi yang ada dan masalah yang dihadapi, mengevaluasi berbagai alternatif untuk memecahkan masalah-masalah tersebut serta memilih yang terbaik, menentukan prioritas penting berdasarkan kebutuhan dan sumberdaya lokal dengan usaha kerjasama baik pegawai maupun non-pegawai  dengan tujuan memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan individu dan masyarakat.[3]
Lawerence dalam Mardikanto menyatakan bahwa perencanaan program penyuluhan menyangkut perumusan tentang:
1.        Proses perancangan program,
2.        Penulisan perencanaan program,
3.        Rencana kegiatan,
4.        Rencana pelaksanaan program (kegiatan), dan
5.        Rencana evaluasi hasil pelaksanaan program tersebut.[4]
Menurut Rejeki, Penyuluhan secara umum mempunyai pengertian sebagai suatu pendidikan yang bersifat non-formal, bertujuan mengubah perilaku masyarakat dalam hal pengetahuan, keterampilan, dan sikap agar dapat memecahkan masalah yang dihadapi guna mencapai kehidupan yang lebih baik. Secara harfiah pengertian perencanaan program penyuluhan yaitu sebagai proses pengambilan keputusan yang menghasilkan suatu pernyataan tertulis mengenai situasi, masalah, tujuan, dan cara mencapai tujuan untuk mengubah perilaku masyarakat ke arah kehidupan yang lebih baik.[5]

B.       Proses Perencanaan Program Penyuluhan
Pada proses perencanaan program penyuluhan, sesungguhnya tidak ada ukuran yang baku mengenai prosedur penyusunannya. Namun demikian, sebagai suatu program pendidikan, perencanaan program penyuluhan dapat disusun sebagai proses instruksional, seperti dalam penyusunan program-program pendidikan pada umumnya. Menurut Gilley dan Eggland mengenai proses instruksional, proses perencanaan program penyuluhan adalah diawali dengan penetapan orientasi belajar atau menetapkan filosofinya. Kemudian diikuti dengan menciptakan suasana belajar atau iklim belajar, mengukur kebutuhan, merumuskan tujuan dan aktivitas belajar, memilih metode, teknik dan alat pengajaran dan yang terakhir adalah mengadakan penilaian atau evaluasi terhadap program, pendidik dan warga belajar.[6] Tahap-tahap proses perencanaan program penyuluah tersebut dapat dirinci sebagai berikut :
1.         Menetapkan filosofi penyuluhan
Filosofi penyuluhan perlu ditetapkan secara jelas. Hal ini disebabkan karena filosofi merupakan acuan dalam kegiatan penyuluhan, yaitu dengan memberi pedoman dan mengarahkan berbagai diskusi dan kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, seorang perencana perlu mengkaji filosofi-filosofi penyuluhan. Pada hakekatnya, filosofi itu mengarah pada peningkatan tiga kawasan, yaitu kawasan pengetahuan, keterampilan dan sikap mental. Untuk memahami filosofi belajar mengajar seseorang, dapat dengan cara menentukan :
a.         Pandangan seseorang terhadap materi yang bersifat instruksional dan arti pentingnya keprofesionalan warga belajar maupun pengalaman personal.
b.        Siap seseorang terhadap pengawasan yang dilakukan oleh instruktur dan cara orang memproses informasi sering merujuk pada kognisinya.[7]
Berdasarkan dua hal tersebut, seorang ahli pendidikan dapat mengidentifikasi filosofi proses belajar mengajar seseorang. Pada akhirnya filosofi seseorang dapat menjadi penyaringan bagi tahap-tahap proses instruksional lainnya. Tanpa adanya upaya mengkaitkan antara materi instruksional dan pengalaman seseorang atau pengembangan materi dan latihan belajar serta pemilihan metode belajar tanpa menyesuaikan dengan orientasi filosofi. Maka dapat menyebabkan ketidakcocokan perencanaan dengan tujuan belajar. Sebagai contoh, banyak program-program pelatihan maupun kegiatan belajar yang tidak memiliki kesesuaian antara perencanaan dengan tujuan yang ingin dicapai.[8]
2.         Menciptakan suasana atau iklim belajar
Suasana yang diciptakan adalah suasana yang demokratis. Dalam suasana demokratis komunikasi dapat efektif. Hal ini disebabkan antara penyuluh dan warga belajar memerlukan suasana yang akrab, bebas untuk berinteraksi. Meskipun demikian kedudukan masing-masing harus tetap diperhatikan. Seorang ahli pendidikan perlu memperhitungkan pentingnya hubungan kerja fungsional dengan warga belajarnya. Ini berarti diperlukan suatu lingkungan yang meliputi ide dan perasaan. Warga belajar akan merasa aman dan mengakui bahwa komunikasi dua arah dapat menjamin terjadinya pertukaran ide dan perasaan. Lingkungan dengan suasana demikian menyenangkan pihak-pihak yang mendukung proses belajar mengajar, mendukung kesempatan terjadinya saling berbagi rasa dan bahkan dapat menuntun pengembangan dari pihak-pihak yang terlibat tersebut.[9]
3.         Mengukur kebutuhan
Kebutuhan berkaitan dengan masalah yang ingin dipecahkan. Kebutuhan ini perlu diukur karena merupakan landasan untuk menetapkan tujuan dan kegiatan belajar.[10]
4.         Merumuskan tujuan dan kegiatan belajar
Setelah mengukur kebutuhan, maka dilanjutkan dengan merumuskan tujuan belajar dan kegiatan-kegiatan untuk mencapai tujuan tersebut. adapun tujuan belajar adalah untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku atau kemampuan seseorang. Kemudian dari tujuan tersebut diturunkan menjadi kegiatan belajar terpilih.[11]
5.         Memilih metode, teknik dan alat pengajaran
Menurut Gilley dan Eggland, pemilihan metode tergantung pada faktor-faktor berikut :
a.         Pokok bahasan
b.        Tujuan
c.         Ukuran kelompok
d.        Sarana yang tersedia
e.         Waktu yang tersedia
f.         Cara yang baik untuk menyajikan pokok bahasan
g.        Kelompok pengetahuan dan pokok bahasan
h.        Jenis partisipasi yang diinginkan.
Adapun beberapa metode penyuluhan tersebut adalah sebagai berikut :
a.         Ceramah
b.        Kelompok diskusi
c.         Bermain peran
d.        Studi kasus
e.         Permainan
f.         Demonstrasi
g.        Acara tanya jawab
6.         Mengadakan penilaian atau evaluasi terhadap program, pendidik dan warga belajar
Hal-hal yang dapat di evaluasi itu adalah reaksi warga belajar terhadap program, terjadinya proses belajar, keberadaan perubahan perilaku dan peningkatan prestasi atau upaya.[12]

Sedangkan Menurut Azhar, Langkah-langkah pokok perencanaan bagi para penyuluh adalah:
1.         Menentukan masalah, tugas, tujuan dan kebutuhan secara jelas,
2.         Mencari informasi secara lengkap yang berhubungan dengan berbagai kegiatan,
3.         Mengobservasi, meneliti, menganalisis dan mengklasifikasi informasi yang sudah terkumpul,
4.         Melaksanakan metode perencanaan yang telah dibuat dengan menetapkan pelaksanaan rencana (memilih rencana yang diajukan atau memantapkan perencanaan dan mempertimbangkan hambatan-hambatan dengan berbagai kegiatan),
5.         Menetapkan planning alternatif,
6.         Memilih dan memeriksa rencana yang diajukan,
7.         Membuat sintesis (metode/alternatif penyelesaian),
8.         Mengatur urutan dan waktu rencana secara terperinci dan
9.         Mengadakan evaluasi (penilaian).[13]















BAB III
PENUTUP

A.      Kesimpulan
Pada proses perencanaan program penyuluhan, sesungguhnya tidak ada ukuran yang baku mengenai prosedur penyusunannya. Tetapi sebuah proses perencanaan program sangat dibutuhkan dalam hal penyuluhan. Tahap-tahap proses perencanaan program penyuluhan dapat dirinci sebagai berikut :
1.         Menetapkan filosofi penyuluhan,
2.         Menciptakan suasana atau iklim belajar,
3.         Mengukur kebutuhan,
4.         Merumuskan tujuan dan kegiatan belajar,
5.         Memilih metode, teknik dan alat pengajaran,
6.         Mengadakan penilaian atau evaluasi terhadap program, pendidik dan warga belajar.
Jika kita melakukan penyuluhan sesuai dengan proses perencanaan program yang sudah dibuat, maka penyuluhan yang ingin kita sampaikan dapat diterima dengan baik oleh khalayak dan dapat bermanfaat bagi mereka.



[1] http://suluhmenyuluh.blogspot.co.id201311perencanaan-program-penyuluhan.html, di unduh tanggal Jumat, 15 November 2013.
[2] Ibid.
[3] Ibid.
[4] Ibid.
[5] Ibid.
[6] Ninik Sri Rejeki, Perencanaan Program Penyuluhan, (Yogyakarta: Universitas Atmajaya Yogyakarta, 1998), h. 31.
[7] Ibid.
[8] Ibid.
[9] Ibid., h. 33.
[10] Ibid., h. 34.
[11] Ibid., h. 35.
[12] Ibid., h. 39.
[13] http://tabloidsinartani.comcontentreadmembuat-rencana-penyuluhan-yang-efektif, di unduh tanggal 11 Maret 2015, pukul 06:57 WIB.

2 komentar:

 

KUMPULAN MAKALAH KULIAH Template by Ipietoon Cute Blog Design